Analisis Dampak Game Online Terhadap Moral Siswa di MTs Manba’ul Ulum Gaya Baru 2

  • Rahmad Dede Suderman Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia
  • Irhamudin Irhamudin Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia
  • Rina Mida Hayati Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia
Keywords: Game, siswa dan moral.

Abstract

Pada era globalisasi saat ini banyak sekali perkembangam dalam bidang teknologi yang di mana bidang teknologi tersebut sangat berpengaruh pada dunia pembelajaran atau pendidikan. Perkembangan teknologi saat ini semua serba canggih semua bisa di akses dengan menggunakan hp (handphone) terutama game online yang permainanya melalaui internet. Game online ini sangat berpengaruh dalam siswa karena beberapa anak kehilangan minat belajar atau menjadi malas dalam belajar. Setelah ditelaah penyebabnya, diketahui bahwa anak-anak tertentu mengalami kecanduan bermain game online hingga mengalami disorientasi (lupa waktu), lalai belajar, lupa shalat atau  ibadah, membangkang terhadap perintah orang tua, dan lain sebagainya. Saat diizinkan bermain, banyak anak sekolah yang senang bermain game internet. Pada awalnya, bermain game internet hanya terbatas pada saat Anda membutuhkan hiburan. Namun, siswa mungkin menjadi kecanduan game online seiring berjalannya waktu. Meskipun permainan ini membuat siswa merasa lesu dalam belajar, mereka harus berkonsentrasi pada pelajarannya. Prestasi belajar siswa tentu akan terpuruk akibat hal ini. Beberapa siswa bahkan terlalu asyik dengan memenangkan permainan atau dengan lawannya sehingga mereka mengatakan hal-hal yang menyakitkan karena kalah memainkannya frustrasi atau berkata yang kurang sopan.  Game online di zaman sekarang terbukti mampu mengubah perilaku siswa.  Pengalaman seorang anak bermain game online mungkin merugikan jika perilakunya tidak terkendali.  Tujuan penelitian ini Mencari tahu berapa banyak siswa yang bermain game online dan  mengatasi  dampak game pada siswa yang memainkannya. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah sisw,  wali kelas 7 dan 8.

References

Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. 10.31004/obsesi.v1i1.28

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen pengumpulan data. http://repository.uin-malang.ac.id/1123/

Jaya, M. K., Mulyadi, D., & Sulaeman, E. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan pada kantor kementerian agama Kabupaten Karawang. Jurnal Manajemen, 10(1), 1038–1046. https://doi.org/10.24912/jm.v19i1.108

Khasanah, S. U. (2020). Pengaruh Penggunaan Game online dan Kontrol Diri terhadap Moral Siswa di Kelas VIII MTsN 3 Madiun. IAIN Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10257

Kustiawan, A. A., Or, M., Utomo, A. W. B., & Or, M. (2019). Jangan Suka Game Online: Pengaruh Game online dan Tindakan Pencegahan. Cv. Ae Media Grafika. Hlm. 5-10 Google Scholar

Latifah, N. (2015). Pendidikan Islam di Era Globalisasi. JIE (Journal of Islamic Education), 2(1). https://doi.org/10.37329/kamaya.v5i2.1695

Meutia, P., Fahreza, F., & Rahman, A. A. (2020). Analisis dampak negatif kecanduan Game online terhadap minat belajar siswa di kelas tinggi SD Negeri Ujong Tanjong. Jurnal Genta Mulia, 11(1), 22–32. https://doi.org/10.61290/gm.v11i1.219

Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: remaja rosdakarya. https://ecampus-fip.umj.ac.id/repo/handle/123456789/7485

Nugraha, Y., Fikruzzaman, D., & Nurhasanah, E. (2023). Pengaruh Game online terhadap motivasi belajar PAI. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 79–86. https://doi.org/10.47971/tjpi.v6i1.692

Putra, A. W., Suyahman, S., & Sutrisno, T. (2019). Peranan Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Perilaku Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020. Civics Education and Social Science Journal (Cessj), 1(1). https://doi.org/10.32585/cessj.v1i1.361

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif. http://repository.uin-malang.ac.id/1123/

Rahayu, D. P. (2018). Hubungan kecerdasan emosional dengan kecanduan Game online pada siswa-siswi kelas xi smk sunan ampel menganti. Universitas Muhammadiyah Gresik. http://eprints.umg.ac.id/281/

Romdhoni, A. (2022). Dampak Kecanduan Game online Terhadap Solidaritas Sosial Pada Siswa MTs Sunan Kalijogo Karang Besuki Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/38528/

Susanti, R. (2005). Sampling Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 187–208. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.543

Susanti, S., Budiman, I. A., & Mahpudin, M. (2021). Systematic Literatur Review: Dampak Game Online Terhadap Etika Dan Perilaku Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 634–641.  10.31004/obsesi.v1i1.28

Wuryandani, W. (2010). Peranan Keluarga Dalam Menanamkan Nilai Moral Pada Anak Usia Dini. Diklus, 14. https://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/5797

Yulita, R. (2017). Permainan Tradisional Anak Nusantara. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. repositori.kemdikbud.go.id

Published
2024-03-29
How to Cite
Rahmad Dede Suderman, Irhamudin Irhamudin, & Rina Mida Hayati. (2024). Analisis Dampak Game Online Terhadap Moral Siswa di MTs Manba’ul Ulum Gaya Baru 2. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(2), 136-145. https://doi.org/10.51214/bip.v4i2.877