Implementasi Web Profil Dinamis Berbasis Based Problem pada CV. Patria Agro Nusantara di Kabupaten Blitar

  • Sugiarto Sugiarto UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Felicitas Deru Dewanti UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Ratna Yulistiani UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Agung Mustika Rizki UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Chrystia Aji Putra UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Hendra Maulana UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Dhian Satria Yudha Kartika UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
Keywords: Website, Based Problem, Web Profil Dinamis, CV. Patria Agro Nusantara

Abstract

Pengembangan Teknologi berbasis Digital ini memaksa untuk bisa menerapkan disemua sector, termasuk sektor hasil pertanian dan perkebunan. Web Profil yang dinamis merupakan sebuah salah satu solusi untuk bisa mempromosikan produk dan usahanya untuk bisa diakses secara luas. Web profil yang beralamatkan di www.pagora.id menjadikan sebuah media informasi yang bisa membantu CV. Patria Agro Nusantara untuk melakukan promosi produk usahanya. Kegiatan pelatihan ini ditujukkan kepada sumber daya manusia yang dilakukan sebagai operator pengguna website nantinya, dengan menggunakan metode based problem mengetahui permasalahan yang ada pada mitra dalam hal ini CV. Patria Agro Nusantara untuk memasarkan informasi perusahan dan hasil produk oalahan perkebunan dan pertaniannya, salah satu produk ini berasal dari tanaman janggelan, dimana olahan dari tanaman janggelan ini yang dikenal dengan cincau atau cao menjadi makanan khas dari Indonesia. Web Profil Dinamis ini akan memudahkan CV. Patria Agro Nusantara untuk memasarkan jenis usaha dan informasi dari perusahaan tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meliputi 3 kegiatan diantaranya (1). Pembuatan Materi Modul Pelatihan Buku Manual Web Profil Janggelan; (2). Proses Pelatihan dan Pendampingan Web Profil Janggelan; (3). Evaluasi Pelatihan. Hasil dari kegiatan ini dimana operator dari mitra sudah paham dan bisa untuk melakukan pengisian informasi pada website serta melakukan pengolahan data mentah menjadi sebuah informasi yang siap di masukkan dalam website profilnya.

References

Abdul Majid (2013). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung

Alridhani, D., & Persada, A. G. (2020). Implementasi Media Sosial dan Ecommerce dalam Meningkatkan Pemasaran Hasil Pertanian Sayur dan Peternakan (Studi Kasus: Desa Sumberejo). Automata, 1(2), 1–5.

Crismawa, A. B. (2020). Pengaruh Covid 19 terhadap UMKM di Indonesia. Genial. http://genial.id/read-news/pengaruh-covid19-terhadapumkm-di-indonesia

Daryanto, D. (1984). Dasar-Dasar Teknik Mesin. Bina Aksara: Jakarta.

Daryanto, D. (1993). Dasar-Dasar Teknik Mesin. Rineka Cipta: Jakarta.

Jamun, J. & Maryono, Y. (2019). Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer Dan Teknologi Informasi. RANDANG TANA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). 89–178.

Afandi, E. C. & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. UNISSULA Press: Semarang.

Nursetiawan, I., Endah, K., & Sujai, I. (2019). Digitalisasi produk unggulan Desa Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis berbasis qr code dan facebook marketplace. Abdimas Galuh1(1), 67-74.

Nadarajan, S. V., Ismail, R., & Lytour, L. (2013). E-Commerce Application Model for the Development of Rural Agriculture Sector and Empowerment of Farmers in Cambodia. Bus. Entrep. J2, 1-2.

Nendya, M. B., Tamtama, G. I. W., Chrismanto, A. R., Wibowo, A., & Delima, R. (2021, November). Peningkatan Literasi Digital Melalui Pelatihan Komputer Dasar dan Media Sosial Pada Gapoktan Sedyo Makmur. In Sendimas 2021-Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 6, No. 1, pp. 263-267).

Simlitabmas. (2017). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan PPM Edisi XII. Jakarta.

Situmeang, N., Kurniawan, A., Setiawan, M. C. A., & Satrio, J. (2022). Pelatihan Literasi Digital Dalam Kerangka E-Commerce Untuk Petani Sayur Organik Di Desa Bojong, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat2(1), 16-25.

Published
2022-07-31

Most read articles by the same author(s)