Pelaksanaan Konseling Kelompok menggunakan Teknik Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa SMA Dayah Inshafudin Banda Aceh

  • Sofyan Abdi Universitas Islam As-Syafi’iyah, Indonesia
  • Sulma Mafirja Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Aceh, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Konseling Kelompok dengan menggunakan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa SMA Dayah Inshafudin Banda Aceh.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen semu dengan one-group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian sebanyak 8 siswa yang memiliki penyesuaian diri rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala penyesuaian diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian diri siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling kelompok menggunakan teknik cognitive restructuring, terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji beda wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest diperoleh (-2.51<0.05). walaupun pada uji one way Anova menunjukkan nilai sig. (.949>0,05) yang berarti tidak ada perbedaan secara signifikan tingkat penyesuaian diri siswa pada pre-test dan post-test kelompok penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penyesuaian diri siswa dapat ditingkatkan dengan layanan konseling kelompok menggunakan teknik cognitive restructuring dan konseling kelompok dengan menggunakan teknik cognitive restructuring terbukti efekti untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa walaupun pada uji one way anava peningkatannya tidak signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, S., Sugiharto, Y.P & Sutoyo, A. (2019). Group Guidance Based on Gayo Ethnics’ Cultural Values to Improve Students’ Islamc Characters. Journal Unnes. 8 (2): 112-118.

Alamri, A. (2015). Layanan Bimbingan Kelompk dengan Teknik Self Management untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015). Jurnal Konseling Gusjigang. 1 (1).

Ali, M dan Asrori. (2011). Psikologi Remaja-Perkembangan Peserta Didik. Cetakan ketujuh. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ekennia, Otta, & Ogbuokiri. (2013). Effect of Cognitive Restructuring Technique and Multi-Component Therapies in the Management of Nocturnal Enuresis among Junior Secondary Schools. Asian Journal Of Management Sciences & Education. 2 (4), 36-45.

Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Putra, Gd. A. D., Suarni, N. K., Arum WMP. D. (2014). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Mengoptimalkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling. 2 (1).

Sunarto dan Agung Hartono. (2002). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Steigerwald & Stone, David. (1999). Cognitive Restructuring and the 12-Step Program of Alcoholics Anonymous. Journal of Substance Abuse Treatment. 16 (4), 321–327.

Walgito. B. (2002). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset

Published
2019-09-30
How to Cite
Abdi, S., & Mafirja, S. (2019). Pelaksanaan Konseling Kelompok menggunakan Teknik Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa SMA Dayah Inshafudin Banda Aceh. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 1(2), 46-52. https://doi.org/10.51214/bocp.v1i2.15