Pengabdian Dosen dan Mahasiswa di Sekolah Dasar Negeri 3 Wates dengan Memberikan Metode Belajar Hybrid Learning berbasis Animasi Pembelajaran

  • Puput Dani Prasetyo Adi Universitas Merdeka Malang, Indonesia & Badan Riset dan Inovasi Nasional, Indonesia

Abstract

Minat Belajar anak-anak sekolah menurun saat terjadinya pandemic Covid-19, dengan system belajar dirumah, memaksa Guru harus pandai dalam mengatur waktu dan tema belajar, yang sebenarnya masih statis menggunakan Microsoft Powerpoint, sehingga menyebabkan rasa bosan jika berlama-lama belajar melalui zoom dengan Powerpoint. Sehingga dengan penelitian ini diharapkan mampu mengatasi masalah penurunan minat belajar siswa sekolah dasar, yaitu dengan membuat animasi pembelajaran, Salah satu modifikasi belajar adalah penggunaan media animasi 2D dan 3D untuk membangkitkan semangat belajar anak-anak di SD Negeri 3 Wates, Tulungagung. Jika dilihat dari hasil Pre-test anak-anak SD Negeri 3 Wates didapatkan bahwa terdapat kenaikan nilai Pre-test atau kuis pada nilai Matematika dan Nilai IPA jika digunakan Animasi Pembelajaran. Dari hasil menunjukkan bahwa untuk kuis matematika perbedaan antara kuis dari menggunakan animasi dan tidak adalah 16,88, sedangkan untuk kuis IPA adalah 17,3. Dengan adanya research ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk dapat menjadi salah satu solusi terbaik untuk mendampingi anak-anak dalam belajar khususnya di SD Negeri 3 Wates kecamatan campurdarat, tulungagung.

References

Abdulghani, T. (2018). Media Pembelajaran. Workshop penyusunan perangkat pembelajaran buku ajar media pembelajaran dan perangkat Evaluasi at FKIP Universitas Suryakancana.

Adi, P. D. P., & Kitagawa, A. (2019, November). A Review of the Blockly Programming on M5Stack Board and MQTT Based for Programming Education. In 2019 IEEE 11th International Conference on Engineering Education (ICEED) (pp. 102-107). IEEE.

Adi, P. D. P., Kitagawa, A., Sihombing, V., Silaen, G. J., Mustamu, N. E., Siregar, V. M. M., ... & Purba, W. (2021, May). A Study of Programmable System on Chip (PSoC) Technology for Engineering Education. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1899, No. 1, p. 012163). IOP Publishing.

Akmalia, R., Fajriana, F., Rohantizani, R., Nufus, H., & Wulandari, W. (2021). Development of powtoon animation learning media in improving understanding of mathematical concept. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(2), 105-116.

Astuti, S. R. D., Sari, A. R. P., & Amelia, R. N. (2021). Chem is Fun: Animation Learning Media Based on Quantum Learning on Atomic Structure. Journal of Educational Chemistry (JEC), 3(1), 45-52.

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Interaktif In book: Media Pembelajaran MI/SD. CV. Graha Edu.

Efendi, D. N., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2021). Development of the powerpoint animation learning media on the heat topic. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 7(2).

Fatchurahman, M., Adella, H., & Setiawan, M. A. (2022). Development of Animation Learning Media Based on Local Wisdom to Improve Student Learning Outcomes in Elementary Schools. International Journal of Instruction, 15(1).

KusumahWitanto, Y. A., & Darmawan, C. (2022, January). Intervention of State Defense Efforts in Civic Education Through Animation Learning Media. In Annual Civic Education Conference (ACEC 2021) (pp. 492-497). Atlantis Press.

Lafifa, F., Parno, P., Hamimi, E., & Setiawan, A. M. (2022, January). Development of STEM Animation Learning Media with Feedback to Facilitate Students’ Critical Thinking Ability on Global Warming Materials. In Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science, Technology, Education, Arts, Culture, and Humanity (STEACH) International Conference (SEADR-STEACH 2021) (pp. 8-15). Atlantis Press.

Muhtarom, T. (2019, November). The urgency of Interactive Animated Learning Media Development for Facilitating Literate Skills for The Student of Primary School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1254, No. 1, p. 012034). IOP Publishing.

Permanasari, A. E., Hidayah, I., Priyowibowo, F. M., Hidayat, M. A., Prayoga, F. B., & Sakkinah, I. S. (2020, September). An Augmented Reality Application for Animal Learning Media at Alian Butterfly Park. In 2020 6th International Conference on Science and Technology (ICST) (Vol. 1, pp. 1-5). IEEE.

Rohmiyah, O., & Sakti, A. W. (2022). Effectiveness of the Use of Stop Motion Animation Learning Media in Understanding Historical Materials at Elementary School. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 3(1), 29-37.

Sudiarthi, D. N. A. (2021). Media Pembelajaran Inovatif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh: Suatu Kajian Pustaka. Wacana: Majalah Ilmiah Tentang Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 21(2), 1-6.

Published
2021-11-30